Komunikasi, body language dan karisma

Wednesday, June 20, 2012
Apa sih karisma?

Ada orang yang pintar dapat berbicara berjam-jam dengan berbagai fakta dan bukti tapi sulit untuk mendapatkan simpati dan menyentuh hati orang lain...

Sedangkan ada orang yang tidak terlalu pintar dan tidak terlalu banyak bicara tapi dapat memenangkan simpati dan dukungan dari orang banyak.

Pernah liat soekarno pidato?
Itulah karisma... Dia dapat menggerakan hati orang banyak hanya dengan sedikit kata-kata...

Banyak orang bingung apa itu karisma.
Jika kalian tanya kepada orang bagaimana supaya ber-karisma, mereka akan menjawab bahwa karisma itu bawaan dari lahir yang tidak dapat dipelajari.

Kalian sangat beruntung! Karena kita akan mempelajari apa itu karisma dan bagaimana membuat diri kalian menjadi orang yang penuh karisma.

Sedikit catatan, wanita sangat tertarik dengan orang yang berkarisma.
Kalian siap? Say yes with me... Yeeesss! Good!... Lets start...

Karisma = daya tarik yang begitu kuat yang membuat anda menarik

saya yang membuat sendiri definisi itu. Setuju tidak setuju, memang itulah karisma.
Banyak teman-teman saya khususnya wanita berkata bahwa saya berkarisma... Dan lucunya mereka mengatakan itu pada saat saya sedang menceritakan cerita tentang kekurangan saya atau cerita yang mempermalukan diri saya, bukan pada saat saya menyombongkan diri atau berbicara tentang kelebihan yang saya miliki (bahasa inggrisnya bragging).

Soekarno berbicara sangat berapi-api,
oprah berbicara penuh perasaan,
beberapa musisi berkarisma seperti elvis presley, kurt cobain, bono dan frank sinatra membawakan lagu mereka dengan cara yang berbeda,

mereka adalah orang-orang yang berkarisma dengan caranya masing-masing... Tapi perhatikan ada beberapa kesamaan yang dimiliki oleh orang-orang yang berkarisma...

Yaitu cara mereka berkomunikasi.

Komunikasi itu bukanlah kata-kata yang anda katakan, komunikasi itu lebih rumit dari itu.
Komunikasi terdiri dari 4 level, yaitu:

- konteks (context)
- komunikasi meta (meta communication)
- komunikasi (communication)
- kontent (content)

kebanyakan orang terlalu memperhatikan level paling bawah yaitu kontent dan melupakan level yang justru lebih efektif yaitu konteks.

Orang-orang yang dengan sengaja atau tidak sengaja berfokus pada context pasti akan lebih ber-karisma.

Karena hal ini terlalu panjang untuk dibahas, maka kali ini saya hanya akan membahas 2 level yang cukup penting yaitu: kontent dan komunikasi.

Kata-kata yang anda ucapkan, efeknya hanya 8%.
Cara anda mengucapkan kata-kata tersebut melalui intonasi suara, raut wajah dan body language (bahasa tubuh) anda efeknya adalah 92%.

Bayangkan, 92%! Jadi kata-kata anda hampir tidak ada artinya!... Sedangkan intonasi, raut wajah dan body language itu hampir menjadi segalanya!

Hmmm... Menarik bukan?

Jika saya katakan "saya tidak sedih" tapi muka saya tertunduk, mata saya mengeluarkan air mata dan nafas saya terhisak apakah anda percaya bahwa saya tidak sedih?

Jika saya katakan "saya tidak marah" tapi saya mengatakannya dengan nada sangat tinggi, mata saya merah, muka saya beringas dan body language saya seakan-akan akan menerkam anda apakah anda percaya bahwa saya tidak marah?

Tentu tidak!... Karena kata-kata yang saya ucapkan hanya 8% bukan? Sedangkan komunikasi sebenarnya dan yang sejujurnya terlihat dari yang 92% itu yaitu intonasi, raut wajah dan body language.

Ingat ini!: wanita 10x lebih baik dalam membaca body languange dan ekspresi wajah daripada pria. Itu sudah bawaan lahir mereka. Baca buku "the female brain" dan "why men never remember & woman never forget".

Wanita bahkan bisa tau apa tujuan anda sebelum anda mengucapkan apa-apa!.

Hati-hati dengan body language anda!...

Coba pergi ke tempat yang ramai seperti mall dan daerah perkantoran. Lihat orang-orang disekeliling anda. Lihat body language mereka, cara mereka berjalan, menatap dan berbicara. Anda pasti langsung tau yang mana bos dan yang mana anak buah! Mana yang malu-malu dan mana yang tegas. Mana yang sukses dan mana yang stress hanya dari body language mereka!

Body language yang bagaimana yang membuat wanita tertarik?

- terbuka
- powerful
- percaya diri (bukan kelebihan percaya diri ya! Beda lho!)
- tegas / memimpin
- melindungi
- nyaman / tidak kaku
- tidak condong kedepan (ini sangat menakutkan bagi wanita)
- santai dan condong ke belakang (lihat kalau bos anda duduk!)
- tatapan mata yang berkarisma (kita akan bahas nanti)
- dan masih banyak lagi (kita akan bahas lain kali)

bayangkan jika anda melihat bos anda yang biasanya duduk santai dan condong kebelakang

tiba-tiba menjadi condong kedepan

akankah anda merasa aneh?

> condong ke belakang berkomunikasi langsung ke emosi bahwa anda orang yang powerful.

> condong kedepan menunjukan bahwa anda adalah pengikut yang lebih lemah.

Wanita pada dasarnya adalah makhluk yang lebih lemah dari pria. Sudah tugas kita para pria untuk melindungi mereka.

Secara tidak sadar emosi wanita menginginkan pria seperti itu, (walau banyak yang tidak mengakuinya karena mereka pasti menjelaskan secara logika).

Wanita akan jauh lebih tertarik kepada pria yang powerful yang dapat melindunginya (bukan yang sok jagoan ya!).

Dan wanita dapat melihat itu semua melalui body language anda.

Body language yang powerful bukan berarti anda harus berotot besar, orang kurus pun dapat terlihat powerful jika body language nya benar.

Coba perhatikan para pria macho... Bahkan body language para pria macho yang biasanya kuat ini bisa berubah saat berbicara dengan wanita idaman mereka. Aneh bukan?

Jadi jika anda sedang makan malam dengan "gebetan" anda, jangan menunjukan body language yang menyeramkan maka wanita akan secara otomatis ilfil! (ilang feeling)

tunjukanlah body language yang santai, cool dan powerful. Tunjukan juga dengan body language anda bahwa anda yang meng-audisi wanita tersebut, bukan si wanita yang meng-audisi anda. Maka wanita secara otomatis akan tertarik dengan anda.

Anda ingin latihan? Bagus! Saatnya praktek!
Tapi anda harus janji untuk melakukannya!

Carilah tempat yang ramai dan banyak wanita cantik seperti di mall, coffee shop, toko buku atau cafe. Bagi anda yang biasa menggunakan jam tangan, lepaskan jam tangan anda.

Pergi ke 10 wanita yang menurut anda cantik dan katakan kepada mereka satu per satu,

"hey, sekarang jam berapa ya?" (body language anda harus menunjukan anda hanya bertanya jam)

dijawab sekarang jam sekian sekian

"lu tau nga? Gue punya sesuatu buat lu... Yang bakal bikin hidup lu tambah seru... Dan lu belum pernah ketemu kaya gini sebelumnya. Yang jelas gue nga nawarin kartu kredit apalagi mlm... Gue kasih tau lu, tapi lu kasih tau dulu nama lu... Nama lu siapa?"
(gunakan body language percaya diri dan cool)

si wanita menjawab "nama saya nancy... Trus apa yang lu mao kasih?"

"gue ga bilang kasih tau sekarang kan? Gini deh, gue buru-buru, lu kasih nomor hape lu nanti gue telpon lu dan gue kasih tau... Ok nancy?"
(dengan body language yang menandakan anda akan pergi)

kalo dapat nomor hp nya, terserah mau diapain... Asal jangan diteror ya!
Kalo belum berhasil, lihat lagi apa yang salah dengan body language, ekspresi wajah dan intonasi suara lu.

Biasanya saat - saat pertama pasti lu pada grogi en gemeteran deh... Ga pa pa... Itu wajar... Lama-lama juga ilang kalo kita terus latihan.

Coba dan lihat apa yang terjadi.

1 comments:

Post a Comment